Pemuatan..

Fakta Tentang AC 4 0

Terakhir diperbarui saat 28-05-2019 18:20 in IPSRS
Dikirim olehImron, A.Md

Sekarang ijinkan kami menjelaskan hubungan antara suhu pada remote, suhu pada unit Indoor AC dan suhu luar ruangan (luar rumah atau kantor).

Suhu yang tertera di remote apabila anda menaikan atau menurunkannya, misalnya katakan saja 18 derajat, maka termometer yang berada di unit Indoor AC akan diberi tahu oleh komputer bahwa pengguna AC yaitu anda menginginkan suhu ruangan sebesar 18 derajat. Setelah itu AC dan kompressornya akan bekerja secara terus menerus / kontinu untuk berusaha mendinginkan ruangan hingga tercapai suhu 18 derajat. Nah kondisi suhu ruangan 18 derajat ini tidak akan pernah tercapai di hari siang terik dimana suhu luar rumah bisa mencapai 32 – 36 derajat celsius. Kondisi ruangan berada pada suhu hanya 18 derajat pun hampir tidak akan pernah tercapai walaupun keadaan di subuh pagi dimana suhu luar rumah bisa mencapai 24 – 25 derajat.

Mengapa kami menceritakan hal ini? karena semua hal mitos AC dan salah kaprah penggunaan AC serta tehnik penghematan listrik dalam penggunaan AC sebenarnya berasal dari cerita diatas.

Kesalahan pengguna dalam mengoperasikan AC:

  • Menyetel suhu remote AC mereka di 18 derajat dengan kecepatan kipas / fan maksimum. Ini adalah kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh para pengguna AC. Mengapa? Karena pada saat pengguna menyetel AC mereka dengan suhu 18 derajat, maka berani dijamin kalau kompressor AC anda akan bekerja terus tidak pernah mati karena hampir bisa dikatakan mustahil ruangan anda dapat mencapai suhu 18 derajat apalagi kita tinggal di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Hal ini akan berdampak pada keborosan pemakaian listrik anda, karena seharusnya kompressor AC dapat beristirahat dan tidak menggunakan listrik pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu pada remote seperti yang sudah dijelaskan pada artikel cara kerja AC.
  • Langsung menyalakan kembali AC anda setelah dimatikan. Apabila terjadi listrik rumah anda turun atau lebih sering dikenal dengan sebutan “listrik jegleg” atau anda juga tanpa sengaja mematikan AC melalui remote, maka JANGAN PERNAH langsung menyalakan kembali AC anda. Tunggulah minimal 1 menit sebelum anda menyalakan kembali AC anda. Hal ini untuk memberikan waktu kompressor AC beristirahat sebelum bekerja kembali supaya kompressor AC dapat menjadi lebih awet.

Tahukah Anda?

  • Sekitar 50% dari tagihan listrik Anda berasal dari penggunaan AC.
  • Dengan menghemat penggunaan listrik AC 50% dapat menurunkan tagihan listrik hingga 30%.


Sumber:

https://cvastro.com/fakta-tentang-ac.htm

** Waktu didasarkan pada zona waktu