Pemuatan..

Cara mengecek keaslian tandatangan elektronik 1 0

Terakhir diperbarui saat 13-Apr-2020 19:33 in IT » DOsiS
Dikirim olehImron, A.Md

Menurut UU ITE sendiri, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya. Setiap sistem elektronik instansi yang membutuhkan persetujuan atau tanda tangan elektronik dari pejabat yang terkait akan mengirimkan dokumen elektronik kepada sistem Tanda Tangan Elektronik. Sistem Tanda Tangan Elektronik kemudian akan mengirimkan notifikasi ke perangkat yang digunakan oleh pejabat yang bersangkutan dan pejabat tersebut dapat menandatangani secara elektronik dokumen yang telah diterima.

Tanda tangan elektronik berfungsi sebagai alat untuk memverifikasi dan autentifikasi atas identitas penandatanganan sekaligus untuk menjamin keutuhan dan keautentikan dokumen. Tanda tangan elektronik mempresentasikan identitas penandatanganan yang diverifikasi berdasarkan data pembuatan tanda tangan elektronik dimana data pembuatan tanda tangan elektronik dibuat secara unik yang hanya merujuk kepada penandatanganan.

PERLINDUNGAN HUKUM

  • INPRES No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government
  • UU ITE No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
  • PERMENPAN No. 6 tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Pemerintah
  • PP No. 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
  • PERKA LEMSANEG No. 7 tahun 2016 tentang Otoritas Sertifikat Digital
  • PERMENDAGRI No. 138 tahun 2017 tentang Penyelenggaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah
  • PERPRES No. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
  • PP No. 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik

Sama dengan tanda tangan manual, tanda tangan elektronik bersifat unik yakni tanda tangan elektronik seseorang akan berbeda dengan tanda tangan orang lain. Tanda tangan elektronik merupakan kombinasi dari fungsi hash dan enkripsi dengan metode asimetrik. Fungsi hash merupakan fungsi satu arah dan akan menghasilkan nilai unik untuk setiap data yang dimasukkan. Oleh karena itu, jika ada perubahan satu bit saja pada konten dokumen maka nilai hash yang dihasilkan akan berbeda. Nilai hash kemudian di enkripsi menggunakan private key untuk selanjutnya nilai dari hasil enkripsi tersebut adalah nilai signature dari suatu dokumen.

Format dokumen elektronik yang paling sering digunakan untuk tanda tangan elektronik adalah PDF (Portable Document Format). PDF yang telah ditandatangani dengan tanda tangan elektronik dapat diverifikasi dengan berbagai aplikasi yaitu aplikasi Adobe Acrobat DC, modul verifikasi pada Web OSD, Aplikasi Panter Versi 2.0 dan Aplikasi VeryDS.

Pada kesempatan kali ini, Admin akan mencoba memberikan informasi bagaimana cara melakukan verifikasi keaslian tandatangan elektronik menggunakan aplikasi VeryDS (khusus pengguna Android). Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Play Store lalu dibagian atas pada menu pencarian, ketik "bsre" (tanpa tanda petik). Maka akan muncul beberapa daftar aplikasi dari hasil pencarian tersebut. Pilih aplikasi Verifikasi Dokumen PDF (veryDS).

Tips: Anda juga dapat menggunakan tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=hantek.bsre.pdfverify&hl=en untuk langsung menuju kehalaman aplikasi veryDS.


2. Setelah halaman aplikasi Verifikasi Dokumen PDF (veryDS) tampil, klik tombol Instal.


3. Tunggu beberapa saat. Setelah proses instal aplikasi selesai, klik tombol Buka.


4. Jika tampil popup seperti gambar dibawah ini, klik IZINKAN.


5. Sama seperti langkah di atas, pilih IZINKAN.


6. Anda akan dibawa kehalaman beranda atau dasboard aplikasi veryDS. Pada bagian bawah halaman ini, pilih tombol VERIFIKASI DOKUMEN PDF.


7. Selanjutnya pilih tombol VERIFIKASI BERKAS PDF. (Untuk mengecek keaslian tandatangan dokumen yang sudah cetak/print, akan kami bagikan pada tutorial berikutnya).


8. Lalu pilih tombol Dokumen.


9. Selanjutnya, pilih lokasi file/dokumen PDF yang ingin Anda lakukan verifikasi. Pada tutorial kali ini, nama file yang akan dilakukan verifkasi yaitu anEsterLianaSariDaeliv2_signed_20032059.pdf


10. Tunggu beberapa saat, karena aplikasi akan melakukan scaning terlebih dulu. Jika telah selesai, klik tombol TAMPILKAN INFORMASI TANDA TANGAN ELEKTRONIK (perhatikan gambar dibawah ini).


11. Terakhir, akan muncul halaman Informasi Dokumen secara detail. Dan bagi dokumen yang sudah dibubuhi tandatangan secara sah, maka akan muncul tulisan  VALID dibagian atas. Selamat mencoba, terima kasih.

Note: Bagi Anda yang ingin mencoba secara langsung menggunakan file/dokumen yang sudah ditandatangani secara elektronik, silahkan unduh dan gunakan file dibawah ini.

File:
** Waktu didasarkan pada zona waktu